Indonesia Student Training Center

5 Manfaat dan Tips Manajemen Waktu

Halo Sobat Instinct Indonesia!

Perkenalkan namaku Andyka Pramuga Putra. Aku salah Satu Instinct ambassador 2021. Gimana nih kabar kalian semua? Semoga tetap sehat selalu ya. Kali in aku mau bagi informasi nih tentang Time Management. Yuk kita simak sampai habis.

Apakah teman-teman pernah mendengar falsafah “Time Is Money”? yang berarti waktu adalah uang, Ya, falsafah tersebut sangat populer. Namun, apakah Teman-teman tahu bahwa pepatah tersebut dianggap keliru dan kurang tepat? Ya, waktu bukanlah hanya sekadar ibarat uang, tetapi Waktu lebih dari uang, Waktu adalah kesempatan, Waktu adalah hidup. Uang yang telah habis bisa saja teman-teman kembalikan tetapi apakah hal tersebut berlaku kepada waktu? jawabannya tidak. Maka dari itu apa saja sih manfaat dari Time Management itu? Check this out guys.

 

  1. Mengurangi stres

Mengelola waktu Sobat instinct secara efektif dapat secara langsung mengurangi tingkat stres, Ketika Sobat instinct mengendalikan waktu, segala sesuatunya menjadi lebih mudah dan stres berkurang. Ada tenggat waktu yang kurang ketat, Kurang berjalan dari rapat ke rapat.Ketika kita tidak memiliki kendali atas waktu kita, kita mudah lelah, merasa kewalahan , bekerja lebih lama dan lebih lama dan multi-tugas hanya untuk tetap di atas daftar tugas yang harus dilakukan.

 

 

 

  1. Lebih banyak kebebasan waktu

Mengelola waktu menggunakan teknik manajemen waktu yang efektif akan membantu Sobat instinct membebaskan lebih banyak waktu untuk melakukan lebih banyak hal yang paling penting bagi Sobat instinct. Ini bisa berupa lebih banyak waktu jauh dari pekerjaan untuk dihabiskan bersama keluarga dan teman atau untuk mengejar hobi baru atau menginvestasikan waktu untuk sesuatu yang penting bagi Sobat instinct. Lebih banyak kebebasan waktu jauh dari pekerjaan akan membuat Sobat instinct lebih produktif, kreatif dan bersemangat dalam bekerja.

 

  1. Mengurangi penundaan

Kamu membuang banyak waktu untuk menunda-nunda, daripada mengambil tindakan. Ketika Sobat instinct lebih jelas dan lebih fokus pada tujuan dan prioritas terbesar, maka menjadi lebih mudah untuk berhenti menunda-nunda. Kadang saat kita menunda maka akan membuat malas ataupun bahkan lupa untuk melakukan hal yang sudah di tunda tadi. “Mark Twain (penulis) pernah dikutip karena mengucapkan, ‘Kalau pekerjaan adalah memakan seekor katak, makanlah katak itu pertama kali pada pagi hari. Jika pekerjaanmu makan dua katak, maka makanlah satu yang paling besar lebih dahulu,” ucap Pyhcyl yang turut menulis buku Procrastinating, Health, and Well-being. Pychyl betul, intinya adalah prioritas. Buatlah skala prioritas, dan lakukan apa yang paling mendesak untuk dilakukan.

 

 

  1. Meningkatkan produktivitas efisiensi dalam pekerjaan

Sebuah manajemen waktu yang baik akan mampu membawa fokus dan perhatian Sobat instinct pada target pencapaian. Sobat instinct tidak lagi kebingungan dalam menentukan prioritas jika Sobat instinct mempunyai manajemen waktu yang tersusun baik. Dengan adanya time management yang baik membuat kita dapat mengerjakan seluruh pekerjaan dengan hasil yang terbaik. Tentu hal ini dapat meningkatkan produktivitas serta membuat semakin mudah dalam mencapai apa yang di targetkan sebelumnya.

 

  1. Melatih Disiplin dan Tanggung Jawab

Aturan waktu yang di buat akan menjadikan hal tersebut sebagai patokan untuk tidak menunda pekerjaan lagi Dengan ini maka melatih sobat instinct menjadi orang yang lebih disiplin. Selain itu dengan adanya penerapan time management yang bagus dalam kehidupan sehari hari maka akan menjadikan kamu sebagai orang yang bertanggung jawab. Karena mengerjakan tugas dengan sungguh-sungguh dan tepat waktu.

 

Cara Melatih Manajemen Waktu Membangun Disiplin Diri Sendiri :

  1. Buatlah Daftar Agenda

Hal yang pertama adalah membuat daftar agenda sobat instinct sendiri, dan berisikan tentang poin-poin yang sangat penting mengenai tugas atau tujuan yang harus kamu lakukan serta diselesaikan dengan waktu yang telah ditentukan.

  1. Atur Prioritas Utama

Supaya waktu yang sobat instinct gunakan bisa produktif, sobat instinct diwajibkan harus bisa mengatur apa yang menjadi Prioritas utama sobat instinct dibandingkan dengan kepentingan pribadia. Misalkan, lebih baik mengerjakan tugas sekolah dibandingkan menonton film kesukaan sobat instinct.

  1. Mengenali Waktu Produktifmu

Dalam keseharian sobat instinct, akan mengenali dimana waktu produktif sobat instinct yang tepat. Jika sobat instinct telah mengenali waktu sobat instinct sendiri, kerjakanlah tugas-tugas tersulit. Karena di waktu yang produktif tersebut akan lebih mudah dalam mengembangkan pola pikir sobat instinct.

  1. Jangan Menunda Waktu

Waktu memang sangat berharga dalam hidup, jadi jangan ditunda-tunda apapun itu keadaanya. Tugas yang seharusnya sobat instinct lakukan, lakukanlah. Jangan biarkan waktu sobat instinct terbuang dengan sia-sia.

  1. Fokus Terhadap Prioritas dari Daftar Agendamu

Jika waktu sobat instinct telah tertata dengan baik, fokuskan terhadap apa yang telah menjadi prioritas utama dan dan yang pertama dari daftar agenda yang telah kamu buat. Lakukanlah sebaik mungkin.

 

 

 

 

 

 

 

 

REFERENSI

https://jagad.id/manfaat-manajemen-waktu-dan-contohnya/

http://manajemen.uma.ac.id/2020/11/10-manfaat-utama-manajemen-waktu/

© INSTINCT | Powered By MEDIO