Tips Belajar Daring di Masa Pandemi

Oleh : Wahyudi

             Sejak merebaknya pandemi yang disebabkan oleh virus corona atau covid-19 di Indonesia pada akhir bulan Maret tahun 2020, banyak perubahan kehidupan terjadi pada masa pandemi covid-19. Perubahan kehidupan yang terjadi seperti pembatasan moda transportasi, pembatasan kegiatan di tempat umum dan lapangan kerja yang harus istirahat atau bekerja dari rumah (Work From Home). Bahkan instansi pendidikan seperti sekolah dan Universitas banyak melakukan belajar secara daring untuk memutus rantai penyebaran virus corona.

Belajar secara daring memiliki tantangan tersendiri bagi pelajar/mahasiswa. Dalam melakukan belajar secara daring harus memiliki komitmen untuk melakukan pembelajaran secara mandiri dari rumah masing-masing. Supaya tidak mudah bosan belajar di rumah, yuk simak tips belajar daring :

  1. Kelola waktu dengan baik

Mengatur waktu merupakan hal terpenting untuk mengerjakan tugas yang diberikan guru dan tidak mengulur waktu supaya tugas siap dikerjakan. Pentingnya mengatur waktu untuk mengerjakan tugas atau mengulang pelajaran supaya fokus dalam mengerjakan atau mengulang pelajaran yang sudah diberikan.

 

  1. Carilah tempat nyaman untuk belajar

Sebelum mulai belajar ada baiknya mencari tempat nyaman untuk belajar supaya dalam proses belajar fokus pada pelajaran/materi yang diberikan. Pastikan tempat yang dipilih nyaman dan tepat untuk belajar.

 

  1. Siapkan air minum secukupnya

Sebelum mulai belajar sebaiknya menyiapkan air minum di tempat minum seperti botol minum, agar ketika di waktu jam belajar haus tidak perlu repot dan membuang waktu untuk membeli minum.

 

  1. Siapkan perangkat pendukung yang akan digunakan

Siapkanlah perangkat pendukung untuk mengikuti belajar secara daring, seperti handphone, laptop, memeriksa baterai perangkat pendukung dan mengecek koneksi jaringan internet yang akan di gunakan.

 

  1. Berdoa Sebelum pelajaran dimulai

Sebelum pelajaran dimulai sebaiknya berdoa menurut kepercayaan masing-masing supaya diberikan kelancaran dalam melakukan belajar secara daring.

 

  1. Perhatikan Guru yang sedang menyampaikan materi

Ketika guru sedang menyampaikan/memberikan materi kita harus benar-benar memperhatikan agar supaya kita paham meteri yang diberikan kepada kita sehingga ada kalau ada tugas yang diberikan kita bisa mengerjakan tugas tersebut.

 

  1. Jagalah Kebersihan

Jagalah kebersihan supaya dalam proses belajar daring kita nyaman, menjaga kebersihan merupakan sebagian dari iman.

 

 

Daftar Referensi

 

https://www.wantiknas.go.id/id/berita/tips-belajar-daring-di-tengah-masa-pembatasan-sosial-berskala-besar