Rekomendasi 3 Universitas Terbaik di Indonesia

Oleh Aleta Fahraini

 

            Di Indonesia terdapat banyak sekali universitas yang bermutu dan berkualitas yang dapat membantu kamu melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya. Berikut rekomendasi 3 universitas terbaik di Indonesia:

1.Universitas Indonesia (UI)

(harga.web.id)

Universitas Indonesia merupakan universitas terbaik di Indonesia yang berlokasi di Depok, Jawa Barat dan kampus utama lainnya berada di Salemba, Jakarta Pusat.

Universitas Indonesia di dirikan pada tanggal 2 Januari 1849. Secara resmi, Universitas Indonesia memulai kegiatannya pada tanggal 2 Februari 1950 yang dipimpin pertama kali oleh Ir. R.M. Pandji Soerachman Tjokroadisoerio. Tanggal tersebut dijadikan sebagai hari kelahiran Universitas Indonesia. Saat ini, Universitas Indonesia memiliki 14 fakultas, 2 sekolah pascasarjana dan 1 program vokasi untuk menjalani seluruh kegiatan pendidikan dan penelitian. Universitas Indonesia juga memiliki fasilitas gedung Makara Art Centrum yang berfungsi sebagai tempat pagelaran seni dan budaya.

2. Institut Pertanian Bogor (IPB)

(tirto.id)

Institut Pertanian Bogor berlokasi di Bogor, Jawa Barat, didirikan pada tanggal 1 September 1963. Sebelum di resmikan IPB adalah sebuah fakultas pertanian di Universitas Indonesia, setelah itu IPB membuat universitasnya sendiri dan di sahkan oleh Presiden Ir, Soekarno.

IPB memiliki 9 fakultas, 1 sekolah pascasarjana, sekolah bisnis dan program diploma. IPB juga memiliki perpustakaan, University Farm, unit laboratorium terpadu, unit pelatihan bahasa, unit olahraga dan seni, unit arsip, asrama mahasiswa, laboratorium lapangan dan lain sebagainya.

3.Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

(jawapos.com)

Institut Teknologi Sepuluh November berlokasi di Surabaya. ITS di dirikan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Teknik (YPTT) yang di pimpin oleh dr. Angka Nitisastro pada tanggal 10 November 1957. Dulu ITS bernama Perguruan Tinggi Teknik Sepuluh November.

Setelah beberapa tahun atas usaha dari tokoh-tokoh YPTT statusnya berubah nama menjadi “ Institut Teknologi Sepuluh November di Surabaya” seperti saat ini. ITS memiliki 7 fakultas dengan 38 departemen. ITS memiliki banyak prestasi, salah satunya adalah Juara Umum Indonesian Energy Marathon Challenge (IEMC) pada tahun 2014