Indonesia Student Training Center

RENDAHNYA KESADARAN DIRI PELAJAR DI ERA DIGITAL

RENDAHNYA KESADARAN DIRI PELAJAR DI ERA DIGITAL

Oleh Andyka Pramuga Putra

      Era yang saat ini dihadapi oleh seluruh negara di dunia termasuk indonesia merupakan era digital.. Era digital adalah suatu kondisi kehidupan dimana semua kegiatan yang mendukung kehidupan sudah dipermudah dengan adanya teknologi dan internet. Era digital ini mencakup segala aspek dalam kehidupan sehari hari. Aspek kehidupan yang terkena dampak dari era digital ini baik itu di aspek ekonomi, sosial, budaya, hukum, dan juga pendidikan. Dalam bidang Pendidikan dengan adanya teknologi dapat mempermudah pelajar dalam mencari sumber informasi. Tetapi nyatanya dengan teknologi imi membuat kesadaran diri para pelajar lambat laun akan semakin menurun. Hal ini bukan meupakan masalah yang kecil bagi bangsa melainkan ini termasuk masalah besar yang harus segera diatasi. Mengapa demikian?. Karena jika tidak diatasi maka akan berpengaruh kepada generasi muda yang mana mereka ialah generasi emas penrus bangsa. 

         Teknologi banyak berpengaruh pada psikologi kognitif seorang pelajar. Perlu diketahui sebelumnya psikologi kognitif menurut dr. Tjin Willy merupakan studi tentang kognisi atau proses-proses mental yang mendasari perilaku manusia yang meliputi berbagai bagian-bagian disiplin ilmu termasuk memori, belajar, persepsi dan penyelesaian masalah. Mengapa teknologi banyak berpengaruh pada kognitif seorang pelajar ?. Karena dengan adanya teknologi  membuat banyak sekali pelajar yang lebih mengandalkan untuk mencari dan mencontek di internet dalam menyelesaikan sebuah tugas atau soal. Hal ini di dukung oleh hasil penelitian dari Hartanto dalam Kharisma (2018: 21) menunjukkan bahwa intensitas perilaku menyontek di SMP Swasta di daerah Pondok Cabe Jakarta, berada pada posisi sedang (53.3%), rendah (33,3%), dan tinggi (13,3%). Bentuk perilaku menyontek yang biasa dilakukan oleh peserta didik antara lain melihat,  menyalin dari teman dan jawaban yang ada di internet.  

          Hal ini tentunya berpengaruh besar bagi kecerdasan pelajar. Lambat laun maka kecerdasan akan menurun dan otak para pelajar yang ada di indonesia  akan menjadi pasif karena tidak kita asah dengan mengerjakan tugas sendiri. Perilaku yang seperti itu disebabkan karena rendahnya tingkat kesadaran diri pelajar. Banyak pelajar yang tidak yakin akan kemampuan nya sehingga selalu mengandalkan internet dalam menyelesaikan setiap tugas yang diberikan guru. 

      Sejatinya sebagai seorang pelajar kita seharusnya menimba ilmu dan mengasah otak agar memiliki kecerdasan tinggi yang berwawasan luas. Di era digital yang seperti ini bagaikan bumerang bagi para pelajar, karena jika pelajar mampu memanfaatkan perkembangan teknologi seperti sekarang ini dengan mencari berbagai macam informasi di internet maka akan melahirkan seorang pelajar yang cerdas dan memiliki wawasan yang sangat luas, lain hal nya jika tidak mampu memanfaatkan kemajuan teknologi ini maka membuat kecerdasan pelajar lambat laun akan semakin menurun dan akan berpengaruh besar kepada kualitas Pendidikan di Indonesia. Ada beberapa tips yang dapat meningkatkan kecerdasan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi di era digital seperti ini yaitu Belajar Istilah-Istilah Asing dan Belajar dengan Aplikasi yang memanfaatkan visual dan audio melalui video dan mengikuti lomba baik akademik maupun non akademik guna meningkatkan integritas para generasi muda.

          Maka dari itu kita sebagai pelajar harus pandai dalam memanfaatkan teknologi dengan cara mencari dan mempelajari berbagai macam ilmu di internet agar memiliki wawasan yang luas. Dengan kita memiliki wawasan yang luas maka akan dapat meningkatkan kesadaran diri bahwa kita mampu untuk menyelesaikan semua tugas yang diberikan. Tak perlu lagi kita merasa tidak mampu untuk mempelajari setiap ilmu ataupun mengerjakan setiap soal karena pada dasarnya setiap manusia memiliki tingkat kecerdasan yang sama dan tinggal kesadaran diri masing masing pelajar yang menjadi kunci kecerdasan mereka. Jadi betapa pentingnya kesadaran diri untuk pelajar karena akan berpengaruh kepada pola pikir serta tingkat kecerdasan setiap pelajar.

DAFTAR PUSTAKA

https://alpas.id/self-awareness-mengenal-diri/

https://id.wikipedia.org/wiki/Psikologi_kognitif

https://qwords.com/blog/era-digital-adalah/

“Class aptent taciti sociosqu ad litora per conubia nostra, per inceptos himenaeos .Aenean non turpis vitae ligula tristique sagitt isras varius erat pulvinar eros pretium”

© INSTINCT | Powered By MEDIO